Leave a comment

Apakah Makanan Ibu Mempengaruhi Rasa ASI?

Beberapa hari yang lalu, seorang teman bertanya, “Bener nggak sih, kalo ibunya mengkonsumsi makanan pedas, rasa ASI-nya jadi pedas juga?”

Sebenarnya bukan pertamakalinya sih dengar pertanyaan seperti itu. Tapi sampai saat itupun, saya (dan teman-teman lain yang kebetulan juga ada di situ) masih belum tahu apa jawaban pastinya. Akhirnya saya sempatkan untuk browsing di internet, mencari jawaban untuk menjawab rasa penasaran saya dan sekedar share informasi dengan sesama breastfeeding moms. Berikut ini sedikit informasi yang saya temukan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Hasil penelitian para ahli.

Para peneliti dari University of Copenhagen di Denmark telah membuktikan bahwa ASI ternyata dipengaruhi oleh beberapa rasa tertentu. Mereka meneliti beberapa sampel ASI sebelum dan pada berbagai interval waktu sesudah ibu mengkonsumsi  kapsul dengan berbagai variasi rasa. Kapsul-kapsul tersebut mengandung senyawa rasa yang biasa ditemukan pada  biji jintan, mint, pisang, dan licorice.

Terdapat perbedaan waktu yang dibutuhkan oleh tiap-tiap rasa untuk muncul dan menghilang pada ASI, dan juga berbeda pada tiap-tiap wanita. Artinya, pada setiap ASI yang dihasilkan tidak semuanya terpengaruh dengan cara yang sama. Rasa licorice dan biji jintan muncul sangat kuat pada ASI dua jam setelah ibu mengkonsumsi kapsul. Rasa mint muncul pada konsentrasi yang lebih rendah, namun mencapai puncaknya pada 6 jam setelah konsumsi. Sedangkan rasa pisang ternyata tidak muncul pada ASI. Terlepas dari itu, semua rasa akan menghilang seluruhnya dari ASI dalam waktu 8 jam.

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa memang benar, cita rasa ASI dipengaruhi oleh makanan ibu. Namun, ahli laktasi menyarankan untuk tidak terlalu menkhawatirkan cita rasa ASI tersebut, karena tidak akan benar-benar sama dengan rasa makanan ibu, hanya samar-samar dan bertahan maksimal 8 jam. Yang terpenting adalah, ibu sebaiknya mengkonsumsi jenis makanan yang bervariasi, agar kualitas ASI terjaga, dan bayi bisa mengenal berbagai cita rasa makanan. Studi menunjukkan bahwa selera makan bayi juga bisa dipengaruhi oleh berbagai rasa yang ia kenal melalui air susu ibunya. Ini merupakan cara yang baik untuk membuat anak-anak menjadi akrab dengan rasa sayur dan buah-buahan, yaitu dengan mengkonsumsi banyak sayur dan berbagai variasi makanan saat menyusui.

Fakta bahwa makanan ibu dapat mempengaruhi rasa ASI tidak berarti bahwa makanan pedas/bersantan dapat secara langsung menimbulkan masalah pencernaan pada bayi. Makanan pedas beresiko terhadap ibu itu sendiri, yaitu mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Masalahnya, jika ibu menderita diare, tentu bisa mempengaruhi kualitas ASI karena diare bisa membuat ibu mengalami dehidrasi  (kekurangan cairan).

Sekarang setelah kita tahu bahwa ternyata benar makanan ibu dapat mempengaruhi rasa ASI, tentu sebaiknya kita lebih berhati-hati memilih jenis makanan saat menyusui. Sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi dan hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan rendah gizi. Juga berhati-hati saat mengkonsumsi obat-obatan, karena beberapa jenis obat dapat masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter mengenai aman atau tidaknya suatu obat selama menyusui, sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: